Rabu, 03 Januari 2018

GUE JADI PELAKU KRIMINAL!

Image result for CRIME
Source: google.com
Jakarta itu keras. Kalo lo diem, ya tenggelem. Disini itu, kreativitas lo ditantang. Gimana caranya bertahan hidup, gimana caranya lo tetep exist. Kalo lo diem dan cuma ngikut doang, ya wasalam.

Gue bukan anak Jakarta asli yang kerjaannye sembahyang dan ngaji *si doel kali ah*. Gue juga gak apal semua sudut Kota Jakarta ini ada apaan aja. Kalo ke tempat A rutenya gimana. Tapi pengalaman gue selama dua tahun tinggal disini sedikit banyak membuat gue bisa langsung beradaptasi dengan seni hidupnya, airnya, makanannya, lingkungannya. Yah walopun dulu pas masi kecil jalan-jalan gue seringnya ke Ragunan doang. Wqwq. Pengalaman gue bertambah ketika liburan semester lalu gue magang di salah satu kantor Kementerian. Padatnya kota ini mampu memperlihatkan sisi manusia yang lain. Ada yang banyak protes, banyak ngeluh, gak mau kalah. Ada juga yang ngalah, gak banyak omong, tiba-tiba asal nyelonong aje. Kaya gue.

Kerasnya kehidupan ini memaksa gue untuk berbuat kriminal. Sebenarnya gue gak kriminal, cuman gak tau aja yang bener itu gimana. Beda lho ya. Kalo dilihat secara niat mah samsek kaga ada tujuan gue berbuat begitu. Tapi kalo dilihat secara hukum yaa, emang gue salah sih :(. Jadi, setiap pulang kp itu gue naek busway dari blok m. Hari pertama pulang kp, gue nebeng ama temen gue yang naek gocar dan gue diturunin pas di arah masuknya bis-bis. Alhasil gue masuk ke jalur busway, terus ngantri yang ke arah Ciledug. Waktu itu antrian masi ga begitu panjang. Beberapa menit ngantri akhirnya gue masuk bis. Karena jamnya udah late afternoon, jadi mau ga mau gue berdiri dong. Selama di perjalanan ini gue bertanya-tanya, si abang busway kok kaga nagih bayar??? Oh, pas turunnya kali ye. Pikir gue. Nah, udah ampe Ciledug nih, gue herman. Kok ini kaga ditagih juga? Wah, masa gratis sih?? Iya kali ye, pikir gue lagi. Gue antara bersyukur sama ada yang ngganjel, tapi berusaha untuk yang "yaudah lah ya". Walaupun sebenarnya gue masih bersikeras pasti ada jalan yang bener. Besoknya, gue tadinya mau nyari jalan yang seharusnya kan. Tapi tiba-tiba kaki gue tetep melangkah di jalan yang sama seperti kemaren. Ditambah lagi ada nenek-nenek gitu nanya ke gue tentang jurusan busway. Kalo gue tinggal si nenek ga etis, gue mau tuntun tapi jalannya salah. Akhirnya dengan terpaksa gue ajak si nenek buat bertindak kriminal, maap nek :(. Well, dengan berat hati gue akhirnya mengulangi hal yang sama. Berasa jadi orang paling berdosa sedunia gue :(. Akhirnya gue memutuskan untuk berguru ke temen gue sang preman blok m. Well, bener kata gue bahwa selama ini gue tidak benar. Aturan gue muter dulu lewat ruko terus ke bawah, baru deh tuh ngetap. Hahaha. Miris banget ga si.

Ternyata berbuat kriminal itu ga enak gengz, ga tenang idup lo. Tidur tak nyenyak, mandi tak basah, makan tak kenyang. Dan rasanya tuh kaya ada banyak mata yang ngeliat lo. Bener-bener ga enak. Ga lagi-lagi deh gue begitu. TAPI, mari kita lihat dari sisi yang lain. Nih ya, kalo gue aja bisa nyampe tanpa bayar, pasti ada dong orang selain gue yang juga pernah melakukan itu, who knows sih. Nah, kalo gitu keliru dimana yah?? Karena ada dua case, pertama orang yang emang sengaja pengen ga bayar, kedua orang yang gatau. Soalnya nih ye, pas gue lewat jalur busway buat masuk antrian aja kaga ada petugas yang jaga, ataupun negor gue. Yaudin didiemin aja. Bahkan calon penumpang yang lagi ngantri juga diem bae kaga sewot kaya kalo antriannya diserobot. Nah, bingung kan lo. Berati emang penjagaannya aja yang kurang makanya masih ada celah buat begitu. Dari sini gue ambil hikmahnya aja sih. Ketika lo emang merasa ada perbuatan lo yang keliru, segera telaah dimana kelirunya, perbaiki, dan jangan diulangi. Jangan malu bertanya biar ga sesat di jalan. Tapi tetep ati-ati, kalo sesat bertanya bisa malu di jalan.

Tangerang.
3 Januari 2017.
Share:

0 Comment: