Sabtu, 27 September 2014

FILOSOFI GAMETOGENESIS

Holla sapada! Udah beberapa hari nih gue gak ngepost blog. Sebenarnya sih dari kemaren-kemaren udah niat buat ngeblog, tapi adaaa aja yang meghalangi hasrat baik ini. dan Alhamdulillah yah, hari ini ngeblog juga akhirnya :”. Dalam postingan ini gue mau mengungkap sebuah fakta tentang manusia. Penasaran ga? Penasaran dong biar seruu weheh.

Kemaren itu gue les, mapel biologi bab reproduksi sel gitu dah. Dan diakhir bahasan kita mempelajari tentang gametogenesis. Hah? Apaan tuh? Jadi gini, gametogenenis adalah pembelahan yang terjadi pada sel gamet atau sel kelamin. Maksutnya? Aduh, gampangnya gini deh. Tubuh lo terdiri dari banyak
sel kan, dan semua sel ditubuh lo itu membelah, regenerasi istilahnya, termasuk sel yang menyusun kelamin lo. Gimana? Paham? Belom paham?? Duhilah cari di google aje dah sono-_-. Okeh lanjutin ya. Gametogenesis ada dua macam, Yang pertama spermatogenesis dan kedua oogenesis. Kita menuju ke sub bahasan pertama that’s spermatogenesis.

Spermatogenesis adalah pembelahan yang terjadi pada sel sperma. Tempatnya itu di testis. Paham? Alhamdulillah. Nah dalam pembelahan itu ada tahap-tahapnya bray. Nih gue kasih skemanya


SpermatogoniumŽ_spermatosit primerŽ_spermatosit sekunderŽ_spermatidŽ_spermatozoa. Kalo yang huruf a itu terjadi pembelahan mitosis, b meiosis pertama, c meiosis kedua, dan d berkembang menjadi. Istimewa kan. Dari Cuma satu spermatogonium, jadi 4 spermatozoa. Dari skema ini ada filosofinya bray, Kata tentor les-lesan gue sih. Jadi memang bener guys, dan lo harus terima girls. Kalo cowo itu diperbolehkan menikah empat *duh calon suami gue, don’t do it yaa*. Tuh buktinya sel anakan ada empat. Okeh kita dalami lagi skemanya, dan cari arti lain yang lebih melegakan dada. Pada dasarnya, cowo itu memang harus memberi. Kan punya banyak. Eitss jangan berimaginasi yang berlebihan dulu bray. Memberi disini memberi segala. Memberi cinta, kasih sayang, perhatian, dan yang paling penting uang :v. Tapi memberinya hanya untuk satu orang aja, jangan kesemuamua. Entar akhirnya php, narik ulur, lu pikir layangan!-_- *okeh salah fokus*.

Bahasan yang kedua yaitu oogenesis. Pengertiannya hampir sama kaya spermatogenesis, tapi oogenesis terjadi hanya didalam diri wanita #eaa. Nih gue kasih skemanya biar kalian paham.


OogoniumŽ_oosit primerŽ_oosit sekunderŽ_ootidŽ_ovum. Dan proses pembelahannya sama kaya spermatogenesis gaes, dimulai dari mitosis sampe meiosis sekunder. Yang warna ungu keeping-pingan itu namanya polosit. Nah disini gue juga rada dan masih rada bingung. Sebenarnya fungsi polosit tercipta itu buat apa? Kenapa harus polosit? Darimana polosit ada? Dengan siapa? Yolandaaa. Kata tentor dan guru gue sih, polosit itu gak ada fungsinya. Atau bahasa ilmiahnya itu nonfungsional. Terus gunanya polosit tercipta apaan? Nah tentor les-lesan gue bilang, polosit tercipta untuk memenuhi syarat membelah secara meiosis. Terus, kenapa harus polosit yang tercipta? Nah kalo pertanyaan itu belum terjawab, soalnya juga belum gue tanyakan._. Tapi gue sih berpikir pasti si polosit tak bersalah itu ada fungsinya. Baiklah beranjak dari polosit yang (katanya) gak guna itu. Diliat dari skemanya, satu oogonium hanya menghasilkan satu ovum. Filosofinya, cewe itu orang yang setia. Setia banget, walaupun udah ditarik berkali-kali, diulur beribu-ribu kali, dan diphp berjuta-juta kali dia tetep aja suka sama si doi *curhat bu??*. Gue bukan curhat gaes, cuman sharing pengalaman :’D. Selain itu, cewe adalah orang yang rela berkorban. Tuh buktinya, dia membuang polosit hanya untuk satu ovum kan? Okeh, sebenarnya gak nyambung sih. Abaikan. Dan satu hal lagi yang harus kalian ketahui. Cewe itu istimewa bray. Kedudukannya lebih tinggi dibanding cowo. Soalnya dia duduk ditribun paling jauh diatas sono. Haha. Gue bercanda doang kok. Jan dibawa serius bray :D.


Jadi inti dari postingan gue kali ini adalah….*jeng jeng jeng*. Kalian simpulkan sendiri deh. Gue lagi males nyimpul-nyimpul. Lebih suka ngode-ngode soalnya wkwk. Kalo udah ketemu kesimpulannya, kirim ke email gue yaa, apaga ke twitter gue aja @guekecebgt biar twitter gue rame haha. I’ll be waiting for you your answer gaes! ;D
Share:

1 Comment:

Anonim mengatakan...

Mbaknya seru 👍