Jumat, 24 April 2020

GA USAH MERASA PALING MERANA DEH!


RAMADHAN 2020 BERSAMA HANIA
Episode 1: “GA USAH MERASA PALING MERANA DEH!”
Jumat, 24 April 2020.

Sumber: google.
Assalamu’alaikum semuanya. Balik lagi sama gue Hania setelah setahun absen menulis. Oiya, Marhaban Ya Ramadhan! Alhamdulillah, tahun ini masih diberi kesempatan bertemu dengan bulan suci. Kalo diinget lagi, sejak tahun 2018 itu gue bikin suatu project khusus Ramadhan di Instagram gue. Sekadar upload photo of the day ditambah beberapa quotes ala-ala gicu dehhh. Kalo diliat-liat lagi sih, rada gimana gitu ya quotes yang gue bikin. Berasa kaya orang paling bener sedunia aja gitu hahaha. Padahal kelar Ramadhan ya tetep ae jahiliyah. Astaghfirullah. That’s why, tahun ini gue memutuskan untuk mengganti project Ramadhan gue dengan membuat cerita RAMADHAN 2020 BERSAMA HANIA. YOK TEPUK TANGAN YOK. Alasan kenapa tiap Ramadhan gue bikin project ala-ala gitu sebenernya sederhana sih, BIAR ADA KERJAAN YANG BERMANFAAT, semoga. Selain itu juga, project yang gue buat ini bisa jadi reminder gue juga, “oh dulu gue pernah nulis ini”, “gila bijaksana banget gue dulu”, “astaghfirullah, gue alim cuma pas Ramadhan doang”. Astaghfirullah. Kalo diinget-inget emang miris banget sih gue. Tobat pas Ramadhan doang abis itu berbuat dosa lagi. Dan gue gatau juga nih, setelah Ramadhan taun ini apakah gue akan kembali jahiliyah atau engga. YA SEBENERNYA GUE GAMAU JAHILIYAH LAGI SIH. YAKALI SIAPA JUGA YANG MAU YEKAN. Maka dari itu, dengan niat ingin berubah ini semoga melalui perjalanan tulisan ini gue bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi setiap harinya, aamiin. Amin yang serius.

Sebagai pembuka serial RAMADHAN 2020 BERSAMA HANIA, gue ingin sedikit bercerita tentang puasa pertama gue di tahun ini, sendirian, di Jakarta, jauh sama keluarga (yaa walopun bude gue tinggal di Tangerang). Sejak kemarin malem gue udah suka cita banget menyambut Ramadhan. Dan alhamdulillahnya gue ga terlalu sedih karena harus sendirian (tahun lalu gue masih tinggal di rumah bude). Walopun secara physically gue sendirian di kosan, bersama orang-orang kosan yang not-so-bro gitu kan, but I enjoy it. At least di kosan ga yang literally sendirian seperti pada saat gue dulu di Pasuruan pernah tinggal literally sendirian di rumah gede-serem-gelap dari luar-yang kalo orang lewat depan rumah bawaannya pengen ngibrit. Alhamdulillah. Bahkan, gue excited gitu karena gue harus merencanakan menu saur dan berbuka gue. Saking niatnya nih ya, saur pertama gue masak tumis daging sama telor. Gila mewah banget ga tuhhh. Terus menu berbuka gue sederhana aja, air putih dan max tea andalan gue, makan malemnya Mujigae yang lagi diskon 50%++ dari harga aslinya. Mantap ga tuh. Dan peer gue adalah gimana caranya istiqomah untuk tetap excited memasak menu saur dan menu berbuka hahahaha. Ngomong-ngomong soal masak nih, gue tu sebenernya dari dulu ngekos pas kuliah jarang banget masak karena lebih praktis beli langsung cuy, kebetulan harga makan Surabaya emang ramah di dompet sih. Tapi tapi tapi, Ketika gue balik ke Bali nih ya, gue auto jadi koki rumah tangga. Jadi sebenernya masak-memasak itu cincay lah yaa hahaha. Dan semenjak ada virus yang mewajibkan gue #dirumahaja, gue jadi memutuskan untuk masak ketimbang beli-beli. Pertama, karena gue lebih punya waktu luang buat masak. Kedua, karena makan siang udah ga di-supply kantor. Jadi kalo tiap siang-malem beli online BERASA BANGET TEKORNYA wqwq. Hikmahnya adalah gue jadi menyadari banget bahwa masak sendiri itu lebih hemat dan bisa jadi salah satu hiburan gue dikala pandemic gini. Gue pun makin sadar bahwa TERNYATA MIKIRIN MAU MASAK APA ITU PUSING JUGA YA. Salut banget sama ibu-ibu yang tidak bosan memasak untuk keluarganya. Tapi walopun gue udah membiasakan masak sendiri, tetep ae cuy kalo lagi males ujung-ujungnya order-order juga. Ya…itung-itung membantu driver ojol lah yaa hahaha alibi ae lu kapur barus.
Yummy slice beef with egg ala chef Hania Queen 
Puasa hari pertama ini alhamdulillah gue bisa mengurangi berkata kasar yang biasanya auto keluar dari mulut kalo ada sesuatu yang bikin kaget atau pun kesel. BERKAT ISTIGHFAR CUYYY. Percaya ga percaya sih, tapi works di gue. Kaya tadi tuh ya, ada kejadian yang menyulut emosi. Sebenarnya ni masalah dari bulan lalu, tapi ternyata belom kelar juga sampe bulan ini. Gue inget banget respon gue bulan lalu tuh langsung berkata kasar, emosi, memaki-maki, bakar rumah-ga deng. Hari ini, gue mencoba untuk mengelola emosi gue, yang gue sadari kok ya makin menjadi-jadi semenjak gue fasih berkata kasar wqwq. Gue bentengi diri gue dengan istighfar terus-menerus sembari berdoa kepada Allah memohon jalan keluar dengan cara yang menyenangkan. Walopun masih sempet gue bersuuzon ria, tapi segera gue tepis dan tetap menahan agar tidak berkata kasar. Alhamdulillahnya, ada secercah jalan donggg dari bulan lalu kemane ajeeee wqwqw. Bener deh, tidak berkata kasar itu bisa mengurangi munculnya emosi. Walopun sebenernya ada nikmatnya juga berkata kasar kalo kekesalan dihati sudah meronta-ronta. Apa lagi kalo mengingat kejadian-kejadian masa lampau yang membuat kesal hati, yang which is sedang gue rasakan sampai saat ini, asli cuy. Gue masih belom bisa tuk biasa aja mengingat hal mengesalkan itu, walopun sebenernya gue udah cuek bebek sama apapun yang berkaitan dengan ybs. Salah gue juga sih kenapa nginget-nginget. Tapi bukan nginget sebenernya, keinget. Sesimpel liat namanya, gue tuh langsung yang auto ew jijay go bajay gitu loh. Sebenernya bukan cuma masalah ini doang sih, masalah yang dulu-dulu juga kalo ngeliat nama orang yang menuduh gue tu auto kesel gitu. Makanya jangan heran kalo liat gue tiba-tiba jadi cuek sama orang tsb walopun udah ada upaya konsolidasi dsb. Karena, gatau deh, menurut gue perbuatan menuduh adalah pembunuhan karakter. Inget banget tuh gue dulu waktu masih sd di Bali pernah dituduh nyuri dompet orang yang ngaji juga disitu. Yang bikin keselnya tuh ya, MEREKA SEMUA SEKONGKOL COYYY GILA GA SIH. Bahkan yang bikin makin kesel adalah temen gue, temen maen gue, yang kalo pulang sekolah sering maen ke rumah dia, juga ikutan sekongkol. Gila ga tuh. Gue yang masih anak baru disitu, ga kenal siapa-siapa kecuali temen gue itu, langsung disambut donggg dengan hal kaya gitu. Ew jijay banget gue. Sedih campur kesel banget gue asli, toxic abis. Bersyukurnya, Pak Ustadz bisa membaca situasi. Beliau ngerti kalo gue dijebak. Bahkan kalo gue ga salah inget nih ya, disesi ceramah beliau tuh mengangkat tema tentang menuduh gitu. Masya Allah. Besoknya gue langsung berhenti ngaji disitu. Hahaha. Balik lagi ke bahasan tentang rasa kesel gue. Sebenernya tuh gue sering banget mikir, kenapa gue masih aja kesel kalo teringat hal-hal itu? Apakah gue masih belom ikhlas? Emangnya definisi ikhlas tuh kaya gimana untuk kasus gue? Gue no clue. Dan sebenernya gue juga takut jadi dosa karena masih menyimpan kesal. Tapi, gue cuma kesel dalam hati cuy. Gue bahkan mencoba untuk tidak bersentuhan lagi sama mereka-mereka sebisa mungkin. Gue udah coba cuek biar ga kesel. Paling seringnya gue jadi ngomong sendiri sambil ngomel-ngomel kalo keinget masa-masa itu. Intinya, gue kesel, gue nikmatin sendiri kesel itu, gue ga ungkit-ungkit lagi ke ybs, gue jadi cuek, gitu. Yak pembelaan dulu gays wqwq. Gue bersyukur juga sih sebenernya dengan adanya hal ini. Karena gue jadi disadarkan untuk tidak terlalu berharap dan bergantung sama manusia, jadi tau mana yang bisa dikontrol dan tidak. Kalo kata Mba Nana, “After all, we are all human”. Serajin apa pun ibadah, selemah-lembut apa pun tingkah laku, bukan jaminan kita ga pernah khilaf. Begitu sebaliknya. Jadi ya gausah merasa paling merana, gausah merasa paling bener, gausah juga merasa paling superior! Dengar itu Hania! Gila cotba banget ya gue hahaha. Yaudah lah ya, dari pada nginget-nginget kesalahan orang lain ke kita, mending inget-inget kesalahan sendiri aja. Banyak-banyak berdoa mohon ampun dan apa pun yang dimau. Mumpung lagi Ramadhan juga. Pintu-pintu surga lagi dibuka. Yang biasanya sholat cuma wajib aja, coba yuk tambahin sunahnya juga. Yang ngajinya masih selembar-selembar, coba yuk perbanyak lagi. Semoga segala niat baik dihitung ibadah, juga selalu diberi istiqomah dalam menjalankannya. Aamiin ya rabbal alamiin.
Share:

0 Comment: